Tips Menata Ruangan Sempit Terkesan Luas

By Sandi Anggriawan|10/03/2018|Tak Berkategori|0 comments

 

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Setiap manusia pasti menginginkan rumah untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarganya. Tidak semua orang memiliki bentuk rumah yang sama, dari ukuran yang besar hingga yang kecil. Jika kita memiliki banyak sekali barang dan ditempatkan pada sebuah ruangan terutama pada rumah atau ruangan yang kecil, maka akan membuat ruangan tersebut menjadi sempit. Oleh sebab itu, kami membuat tips yang membatu untuk menata ruangan sempit terkesan luas.

  1. Warna Cerah Untuk Dinding

Warna cerah pada dinding rumah akan memberi kesan terasa lapang, segar, dan terang pada ruangan. Sedangkan, cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, sehingga rumah terlihat suram.

2.  Berikan Ruang Antara Kursi/Sofa dengan Dinding

Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernafas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

3. Manfaatkan Cermin di Dinding

Pada ruangan yang cukup sempit, pasang cermin berukuran sedang pada dinding untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya. Kreasikan bingkai cermin menjadi warna seragam untuk mempercantik dekor ruangan.

4. Gunakan Perabotan Multifungsi

Dengan memanfaatkan perabotan multifungsi akan menghemat ruang pada rumah kecil atau ruangan yang kecil. Seperti contoh gambar tangga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

5. Tempelkan Alat Elektronik pada Dinding

Jika ruang keluarga di rumah kecil kamu sempit, jangan ragu untuk menaruh beberapa alat elektronik di dinding. Gantung televisi di dinding, letakkan pemutar DVD, konsol game, atau speaker di dinding untuk memberikan ruang terbuka pada lantai.

6. Jendela dan Tirai Besar

Jendela besar akan memastikan intensitas pencahayaan matahari yang masuk memenuhi ruangan pada rumah kecil cukup banyak sehingga mengubah kesan rumah kecil menjadi rumah yang luas, terang, dan terbuka. Dengan dibantu tirai dan gorden yang besar dan tinggi, Langit-langit akan tampak lebih tinggi dan rumah kecil kamu akan terlihat lebih luas secara vertikal.

7. Hilangkan Pintu pada Ruangan yang Terpisah

Pintu yang dimaksud bukanlah pintu utama rumah menuju teras, melainkan pintu pemisah antar satu ruang dengan ruang yang lain. Pintu antara ruangan bisa dihilangkah atau dilepas, sehingga rumah atau ruangan yang kecil dapat terkesan luas. Dinding antar ruangan pun dapat dihilangkan dan diganti dengan sekat ataupun lemari baik lemari buku atau lemari penyimpanan, sehingga akan menghemat pengguna tempat pada ruangan.

Share this Post: