"Kapan waktu yang tepat untuk beli rumah? Pertanyaan ini pasti sering terlintas di kepala orang-orang yang masih ragu ketika ingin membeli rumah."

Kapan waktu yang tepat untuk beli rumah? Pertanyaan ini pasti sering terlintas di kepala orang-orang yang masih ragu ketika ingin membeli rumah.

Harga rumah yang terkadang tidak masuk akal, besarnya cicilan per bulan, dokumen administrasi yang ribet, serta biaya pemeliharaan rumah menjadi alasan utama mengapa orang-orang, terutama milenial, lebih memilih untuk menikmati hidupnya daripada membeli rumah.

Tapi, kepemilikan rumah ini mau tidak mau harus dipikirkan demi masa depan, apalagi jika Anda berkeinginan untuk berumah tangga.

Lalu, kapan dong waktu yang tepat untuk beli rumah? Buat Anda yang masih bingung, berikut panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk membeli rumah.

1. Berstatus Pekerja Tetap


Saat ingin membeli rumah, perhatikan dulu status pekerjaan Anda, apakah saat ini berstatus pekerja kontrak (outsource) atau pekerja tetap. Hal ini penting karena nantinya penghasilan per bulan Anda bisa dianggarkan secara tetap untuk memenuhi cicilan rumah.

Untuk Anda yang masih berstatus pekerja kontrak, biasanya Anda tidak akan diprioritaskan oleh bank ketika Anda ingin mengajukan cicilan rumah, karena dianggap belum berkapasitas dan stabil secara keuangan.

2. Investasi


Jika Anda sudah berinvestasi sejak lama, maka Anda sudah mengambil langkah yang tepat. Dengan investasi, dana yang Anda tanamkan akan terus tumbuh dan tidak tergerus inflasi hingga akhirnya dana tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli rumah.

Namun, bagi Anda yang belum berinvestasi. Inilah saatnya Anda memulai, Anda bisa coba berinvestasi di reksadana atau emas. Selain itu, Anda juga bisa menumbuhkan uang Anda di alternatif investasi di peer-to-peer lending seperti KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Sebagai salah satu platform Peer-to-Peer Lending, KoinWorks menawarkan imbal hasil mulai dari 18%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja.

3. Suku Bunga


Faktor berikutnya yang menentukan saat yang tepat untuk membeli rumah adalah suku bunga.

Jika Anda memiliki cukup uang untuk membeli rumah, perhatikan tingkat suku bunga cicilan rumah saat itu. Bila suku bunga saat itu sedang tinggi, lebih baik tunggu hingga turun terlebih dahulu.

4. Kondisi Keuangan


Poin ini juga penting untuk Anda yang berniat membeli rumah. Pastikan keuangan Anda saat akan membeli atau mencicil rumah sedang dalam kondisi yang baik.

Jika Anda masih mempunyai cicilan kendaraan atau utang yang cukup besar, lebih baik tahan dulu niatan Anda untuk memiliki rumah.

Selain itu, sebaiknya cicilan rumah juga tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan agar pengeluaran Anda tidak terganggu.

Itu dia tadi beberapa panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk membeli atau mencicil rumah. Singkatnya, pastikan kondisi keuangan Anda sedang dalam keadaan baik dan tidak ada tanggungan besar yang menguras pengeluaran Anda per bulannya.

Nah, kalau Anda, kira-kira kapan nih siap beli rumah?